PERTANYAAN
assalamualaikum tadz
mohon di bahas juga, mengenai hukum sholawat ghoiru ma’tsuroh seperti sholawat fatih, nariyah, thibbil qulub dan gubahan para ulama lainnya ((Anggota Grup Whatsapp IRTAQI))
JAWABAN
Oleh : Ustaz Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin)
Wa’alaikumussalam Warohmatullah Wabarokatuh.
Salawat dengan lafaz ma’tsur disepakati lebih afdal daripada salawat buatan. Adapun salawat buatan, sebagian ulama mengharamkannya sebagian membolehkannya. Di antara yang membolehkannya adalah Yusuf An-Nabhani.
Argumentasi yang membolehkannya, di antaranya adalah ada atsar sejumlah salaf yang menambah lafaz salawat melebihi yang ada dalam hadis seperti atsar Ali bin Abu Thalib, atsar Ibnu Mas’ud, atsar Zainul ‘Abidin dan lain-lain.
Dalam kitab Ar-Risalah Asy-Syafi’i “membuat” lafaz selawat sebagai berikut,
فصلى الله على نبينا كلما ذكره الذاكرون، وَغَفَل عن ذكره الغافلون، وصلى عليه في الأولين والآخرين، أفضلَ وأكثرَ وأزكى ما صلى على أحد من خلقه. وزكانا وإياكم بالصلاة عليه أفضل ما زكى أحداً من أمته بصلاته عليه (الرسالة للشافعي (1/ 16)
Artinya,
“Semoga Allah memberikan selawat kepada Nabi kita setiap kali orang-orang yang berdzikir mengingat-Nya dan setiap kali orang orang yang lalai lupa untuk mengingat-Nya. Semoga Allah memberikan selawat kepada beliau semenjak generasi pertama sampai generasi terakhir dengan shalawat yang terbaik, yang terbanyak, dan yang tersuci, yang pernah diucapkan seorangpun dikalangan makhluk-Nya. Semoa Allah menyucikan kami dan Anda melalui ucapan selawat kepada beliau dengan cara penyucian yang terbaik terhadap salah seorang di kalangan umatnya melalui bacaan selawat kepada beliau” (Ar-Risalah, juz 1 hlm 16)
Sholawat buatan ini diimpikan Al-Ashbahani sebagai sholawat yang membuat Asy-Syafi’i mendapatkan doa besar dari Rasulullah ﷺ , yakni didoakan diakhirat tidak akan dihisab Allah. Asy-Syirbini berkata,
قَالَ الْأَصْبَهَانِيُّ: رَأَيْت النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فِي الْمَنَامِ فَقُلْت لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إدْرِيسَ الشَّافِعِيُّ ابْنُ عَمِّك هَلْ خَصَصْته بِشَيْءٍ؟ قَالَ نَعَمْ سَأَلْتُ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ أَنْ لَا يُحَاسِبَهُ. قُلْت: بِمَاذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ فَقَالَ: إنَّهُ كَانَ يُصَلِّي عَلَيَّ صَلَاةً لَمْ يُصَلَّ عَلَيَّ مِثْلُهَا، فَقُلْت: وَمَا تِلْكَ الصَّلَاةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ فَقَالَ كَانَ يَقُولُ: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَك الذَّاكِرُونَ وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كُلَّمَا غَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الْغَافِلُونَ (مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج (1/ 565)
Artinya,
“Al-Ashbahani berkata, ‘Aku melihat Nabi ﷺ di dalam mimpi maka aku bertanya kepada beliau,
‘Wahai Rasulullah, Muhammad bin Idris asy-syafi’i putra pamanmu, apakah engkau mengkhususkan beliau dengan sesuatu?’
Beliau menjawab, ‘Ya, aku meminta kepada Tuhanku azza wa jalla agar Dia tidak menghisabnya’
Aku bertanya, ‘Dengan amalan apa wahai Rasulullah?’
Beliau menjawab, ‘Sesungguhnya dia bershalawat kepadaku dengan sebuah sholawat yang tidak pernah diucapkan seorangpun seperti itu’
Aku bertanya, ‘Bagaimana sholawatnya wahai Rasulullah?’
Beliau menjawab dia berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah shalawat kepada Muhammad setiap kali orang-orang yang berdzikir mengingatmu dan berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad setiap kali orang-orang yang lalai lupa untuk mengingatmu’” (Mughni Al-Muhtaj, juz 1 hlm 565)
Wallahua’lam