Oleh : Ustaz Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin)
Menjadi panutan itu memang tidak sepantasnya melakukan ketaatan secara minimalis. Seseorang yang menjadi teladan, selayaknya bersikap maksimalis dalam melakukan kebaikan.
Seperti Rasulullah ﷺ.
Suatu waktu, Allah memerintahkan Rasulullah ﷺ untuk mendakwahi kerabat terdekatnya. Allah berfirman,
﴿وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ ﴾ [الشعراء: 214]
Artinya,
“Berilah peringatan kepada kerabat dekatmu” (Q.S.al-Syu‘arā’: 214)
Makna ‘asyīrah pada kata ‘asyīrataka di atas dalam istilah kekerabatan bangsa Arab menunjuk pada kerabat keturunan generasi ke-2 (ayah) atau maksimal generasi ke-3 (kakek).
Jika Rasulullah ﷺ bersikap minimalis, maka untuk melaksanakan perintah ini maksimal beliau cukup mendakwahi keturunan Abdul Muṭtalib saja seperti Abu Tālib, Ali, Ja’far, Abu Lahab, Hamzah, Ṣafiyyah, dan semisalnya.
Tapi hadis sahih mengabarkan bahwa Rasulullah ﷺ melaksanakan ayat jauh melampuai standar minimal!. Beliau kumpulkan kerabat beliau sejauh-jauhnya yang sanggup beliau jangkau.
Beliau seru bani Hāsyim dan bani ‘Abdu Syams, padahal itu sudah kerabat level Fakhiż (الفخذ), alias dua tingkat di atas ‘Asyīrah (generasi ke-4)!
Beliau seru juga bani Abdu Manāf, padahal itu sudah kerabat level Baṭn (البطن), dua tingkat di atas ‘Asyīrah (generasi ke-5)!
Beliau seru juga bani Murrah bin Ka’ab, padahal itu sudah generasi ke-8 dalam nasab Nabi ﷺ!
Beliau seru juga bani Ka’ab bin Lu’ayy, padahal itu sudah generasi ke-9 dalam nasab Nabi ﷺ!
Bahkan beliau sampai menyeru seluruh Quraisy, padahal Quraisy dalam nasab Nabi ﷺ adalah generasi ke-14!
Umumnya kita menjadi panutan.
Minimal panutan bagi anak-anak kita.
اللهم وفقنا
CATATAN
Tingkatan kekerabatan orang Arab pernah saya tulis dalam catatan khusus berjudul TINGKATAN KEKERABATAN ORANG ARAB
6 Dzulqa’idah 1443 H/ 6 Juni 2022 M pukul 09.43