oleh: Ust. Muafa
5.Hadiah
Sumber rizki Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ yang lain adalah Hadiah-hadiah. Para Shahabat karena kecintaan mereka kepada Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dan inginnya mereka dicintai Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ mereka memberikan hadiah-hadiah. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ berkenan menerima hadiah-hadiah tersebut dan berusaha membalasnya. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْبَلُ الْهَدِيَّةَ وَيُثِيبُ عَلَيْهَا
Dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata: “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerima pemberian hadiah dan membalasnya” (H.R. Al-Bukhari)
Beliau berkenan menerima hadiah meski sesuatu yang remeh seperti bagian betis yang tipis. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَوْ دُعِيتُ إِلَى ذِرَاعٍ أَوْ كُرَاعٍ لَأَجَبْتُ وَلَوْ أُهْدِيَ إِلَيَّ ذِرَاعٌ أَوْ كُرَاعٌ لَقَبِلْتُ
Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seandainya aku diundang untuk jamuan makan sebesar satu paha depan (kambing) atau satu paha belakangnya, pasti aku penuhi dan seandainya aku diberi hadiah makanan satu paha depan (kambing) atau satu paha belakang pasti aku terima”. (H.R. Al-Bukhari)
Beliau juga pernah menerima hadiah keju dan lemak;
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
أَهْدَتْ أُمُّ حُفَيْدٍ خَالَةُ ابْنِ عَبَّاسٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقِطًا وَسَمْنًا وَأَضُبًّا فَأَكَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ الْأَقِطِ وَالسَّمْنِ وَتَرَكَ الضَّبَّ تَقَذُّرًا قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ فَأُكِلَ عَلَى مَائِدَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَوْ كَانَ حَرَامًا مَا أُكِلَ عَلَى مَائِدَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata: “Ummu Hufaid, bibi dari Ibnu ‘Abbas menghadiahkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam keju, minyak samin dan daging biawak. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memakan keju dan minyak samin tapi membiarkan daging biawak karena tidak menyukainya”. Ibnu ‘Abbas berkata: “Semua itu dihidangkan pada makanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seandainya diharamkan tentu tidak akan dihidangkan pada makanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam “. (H.R. Al-Bukhari)
Bahkan Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ juga menerima hadiah dari orang kafir. Beliau pernah menerima hadiah Baghal dari raja Aylah. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ
غَزَوْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَبُوكَ وَأَهْدَى مَلِكُ أَيْلَةَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَغْلَةً بَيْضَاءَ وَكَسَاهُ بُرْدًا وَكَتَبَ لَهُ بِبَحْرِهِمْ
Dari Abu Humaid as-Sa’idiy berkata; “Kami ikut perang Tabuk bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu raja Aylah memberi hadiah seekor baghal berwarna putih kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan Beliau (membalas) dengan memakaikan burdah kepada raja itu dan menetapkan baginya untuk tetap berkuasa atas negerinya”. (H.R. Al-Bukhari)
Beliau juga pernah menerima hadiah pakaian bagus dari raja yang bernama Ukaidir dari negeri yang bernama Dumatul Jandal. Muslim meriwayatkan;
عَنْ أَنَسٍ أَنَّ أُكَيْدِرَ دُومَةِ الْجَنْدَلِ أَهْدَى لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُلَّةً
Dari Anas bahwa Ukaidir Dumatul Jandal memberi hadiah pakaian sutera kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (H.R. Muslim)
Hanya saja, meski beliau menerima hadiah, namun beliau tidak berkenan menerima Shodaqoh. Perbedaan hadiah dengan Shodaqoh adalah; Hadiah itu pemberian yang mngandung unsur memuliakan, mengagungkan, cinta, kasih sayang dan simpati, sementara Shodaqoh itu dimaksudkan untuk Taqorrub kepada Allah, membersihkan diri dari kotoran dosa dan diberikan kepaad orang yang membutuhkan. Dalil yang menunjukkan Nabi berkenan menerima hadiah tetapi tidak berkenan menerima Shodaqoh adalah hadis berikut;
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقْبَلُ الْهَدِيَّةَ وَلاَ يَأْكُلُ الصَّدَقَةَ
Dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerima hadiah namun tidak makan Shodaqoh (H.R. Abu Dawud)
6.Hibah
Sumber rizki Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ yang lain adalah Hibah-Hibah. Hibah adalah pemberian secara mutlak. Semua jenis pemberian (termasuk shodaqoh dan hadiah) bisa disebut hibah, tetapi hibah tidak bisa disebut hadiah atau shodaqoh. Hibah lebih umum daripada hadiah atau Shadaqoh. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ menerima hibah sebagaimana menerima hadiah. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah menerima pemberian pangkal paha kelinci. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
أَنْفَجْنَا أَرْنَبًا بِمَرِّ الظَّهْرَانِ فَسَعَى الْقَوْمُ فَلَغَبُوا فَأَدْرَكْتُهَا فَأَخَذْتُهَا فَأَتَيْتُ بِهَا أَبَا طَلْحَةَ فَذَبَحَهَا وَبَعَثَ بِهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِوَرِكِهَا أَوْ فَخِذَيْهَا قَالَ فَخِذَيْهَا لَا شَكَّ فِيهِ فَقَبِلَهُ قُلْتُ وَأَكَلَ مِنْهُ قَالَ وَأَكَلَ مِنْهُ ثُمَّ قَالَ بَعْدُ قَبِلَهُ
Dari Anas radliallahu ‘anhu berkata: “Kami pernah menggebah kelinci di lembah Marru Azh-Zhohran, orang-orang berusaha menangkapnya hingga mereka keletihan. Kemudian aku bisa menangkapnya lalu aku bawa menghadap Abu Tholhah. Maka dia menyembelihnya kemudian dikirim daging paha depannya atau paha belakangnya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia (Anas) berkata: “Daging pahanya dan tidak diragukan lagi. Lalu Beliau menerimanya”. Aku bertanya: “Apakah Beliau memakannya?”. Dia berkata: “Ya Beliau memakannya”. Kemudian dia sambung: “Setelah menerimanya”. (H.R. Al-Bukhari)
Beliau juga pernah menerima pemberian hasil upah meruqyah. Imam Muslim meriwayatkan;
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ
أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانُوا فِي سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَيِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِيَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلَّا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَتَبَسَّمَ وَقَالَ وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ثُمَّ قَالَ خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْمٍ مَعَكُمْ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ كِلَاهُمَا عَنْ غُنْدَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَقَالَ فِي الْحَدِيثِ فَجَعَلَ يَقْرَأُ أُمَّ الْقُرْآنِ وَيَجْمَعُ بُزَاقَهُ وَيَتْفِلُ فَبَرَأَ الرَّجُلُ
Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa beberapa orang sahabat melakukan perjalanan jauh dan berhenti untuk istirahat pada salah satu perkampungan ‘Arab, lalu mereka minta dijamu oleh penduduk kampung itu. Tetapi penduduk enggan menjamu mereka. Penduduk bertanya kepada para sahabat; ‘Adakah di antara tuan-tuan yang pandai mantera? Kepala kampung kami digigit serangga.’ Menjawab seorang sahabat; ‘Ya, ada! Kemudian dia mendatangi kepala kampung itu dan memanterainya dengan membaca surat Al Fatihah. Maka kepala kampung itu pun sembuh. Kemudian dia diberi upah kurang lebih tiga puluh ekor kambing. Tetapi dia enggan menerima seraya mengatakan; ‘Tunggu! Aku akan menanyakannya lebih dahulu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, apakah aku boleh menerimanya.’ Lalu dia datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menanyakannya hal itu, katanya; ‘Ya, Rasulullah! Demi Allah, aku telah memanterai seseorang dengan membacakan surat Al Fatihah.’ Beliau tersenyum mendengar cerita sahabatnya dan bertanya: ‘Bagaimana engkau tahu Al Fatihah itu mantera? ‘ Kemudian sabda beliau pula: ‘Terimalah pemberian mereka itu, dan berilah aku bagian bersama-sama denganmu. (H.R.Muslim)
Beliau juga pernah menerima pemberian semangkuk air susu dari Ummu Al-Fadhl yang ingin mengetahui apakah Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ sedang berpuasa ataukah tidak. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ قَالَتْ
شَكَّ النَّاسُ فِي صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَرَفَةَ فَأَرْسَلْتُ إِلَيْهِ بِإِنَاءٍ فِيهِ لَبَنٌ فَشَرِبَ
Dari Ummu Fadl dia berkata; Orang-orang ragu mengenai puasa ‘Arafah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, oleh karena itu aku mengirim semangkuk susu kepada beliau, lalu beliau meminumnya. (H.R. Al-Bukhari)
Seorang wanita Yahudi juga pernah memberinya daging kambing matang yang diterima beliau namun setelah itu diketahui ternyata daging kambing tersebut beracun. Al-Bukhari meriwayatkan;
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ يَهُودِيَّةً أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِشَاةٍ مَسْمُومَةٍ فَأَكَلَ مِنْهَا فَجِيءَ بِهَا فَقِيلَ أَلَا نَقْتُلُهَا قَالَ لَا فَمَا زِلْتُ أَعْرِفُهَا فِي لَهَوَاتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu bahwa, ada seorang wanita Yahudi yang datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan membawa seekor kambing yang telah diracun lalu Beliau memakannya. Kemudian wanita itu diringkus dengan bukti daging tersebut dan dikatakan; “Tidak sebaiknyakah kita bunuh saja?” Beliau menjawab: “Jangan”. Sejak itu aku senantiasa aku melihat bekas racun tersebut pada langit-langit mulut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (H.R. Al-Bukhari)
Demikianlah penjelasan sumber-sumber rizki Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. Mudah-mudahan bermanfaat. Allahumma Shalli ‘Ala Muhammad Wa ‘ala Ali Muhammad.
Wallahu a’lam